Senin, 19 Januari 2015

Pasar Stagnan Target Penjualan Daihatsu 2015 Tak Berubah

Jakarta, BosMobil.com - Daihatsu sedang bahagia karena target wholesales pada tahun 2014 meningkat dibanding tahun sebelumnya. Meski menyambut optimis tahun 2015, PT Astra Daihatsu Motor (ADM) tak menaikan target penjualan.

"Target wholesales 2015 sama seperti 2014, yaitu sekitar 185.000 unit. Itu sesuai prediksi Gaikindo bahwa pasar otomotif nasional 2015 masih stagnan," ujar Coorporate Planning Division Head PT Astra Daihatru Motor (ADM) Rudy Ardiman pada konferensi pers Daihatsu awal tahun 2015 di Jakarta, Senin (19/1/2015).

Di tahun 2014, Daihatsu meraih wholesales 185.226 unit dari total seluruh penjualan mobil  1.208.019 unit. Dengan demikian, pangsa pasar Daihatsu di 2014 mencapai 15,3% atau naik 0,2% dibandingkan tahun sebelumnya yang mencapai 15,1%.
Daihatsu menjadi salahsatu dari dua pemain otomotif yang berhasil menduduki posisi kenaikan pangsa pasar tahun lalu. Pencapaian ini membuat Daihatsu berhasil menduduki posisi kedua pangsa pasar otomotif domestik, setelah Toyota, selama 6 tahun terakhir dari 2009-2014.
“Walaupun tahun 2014 pasar turun 2% kita naik 0,2%. Biarpun tak ada produk baru kita masih bertahan bahkan naik,” ujar Hendrayadi  Lastiyoso,  AI-DSO Marketing And CS CS Division Head PT Astra Daihatsu Motor .
Daihatsu Gran Max menjadi penopang utama wholesales 2014 dengan kontribusi 71.276 unit atau 38.5% yang terdiri dari Gran Max pick up sebanyak 57.151 unit atau 30.9% dan  Gran Max Minibus 14.125 unit atau 7.6%. Berikutnya adalah All New Xenia sebanyak 46.710 unit atau 25.2%. Astra Daihatsu Ayla posisi ketiga dengan meraih 40.775 unit atau 22%. Selanjutnya adalah Daihatsu Terios sebanyak 18.774 unit atau 10.1%, New Luxio sebanyak 4.304 unit atau 2.3% dan Sirion 3.387 unit atau 1.8%.
“Kami bersyukur Daihatsu berhasil mencapai target penjualan 2014 dan tetap bertahan pada posisi kedua pasar otomotif domestik. Tahun 2015 adalah tahun yang penuh tantangan. Namun kami optimis Daihatsu akan terus meningkatkan kepuasan pelanggan dengan terus menghasilkan mobil yang ramah lingkungan berkualitas global serta terus meningkatkan pelayanan sales dan after sales dengan dukungan 216 outlet Daihatsu yang tersebar di seluruh Indonesia,” tutup Amelia Tjandra, Direktur Marketing PT ADM.


Sumber :   Majalah Otomotif BosMobil

0 komentar:

Posting Komentar