Minggu, 18 Januari 2015

Cruising With Everything You Wanted SUV - New Honda CR-V

BosMobil - Trek Jakarta - Bandung menuju ke Kawasan Lembang via Tol Cipularang sudah biasa untuk dilewati, tapi bagaimana bila mengambil rute alternatif masuk dari rute Jatiluhur menelusuri Purwarkarta dan Wanayasa hingga berakhir di Tangkuban Perahu? tentu menghadirkan sensasi yang berbeda, apalagi dengan mengendarai new Honda CR-V Prestige 2.4L facelift yang datang lebih matang.
Rute alternatif menuju Kawasan Lembang dipilih agar para peserta media test drive bisa merasakan sensasi berkendar dari new CR-V facelift ini, terutama dalam hal kenyamanan, fitur serta perforamanya. Karena seperti yang telah diketahui banyak aplikasi baru yang diterapkan pada si Premium Urban Cruiser ini, mulai dari tampilan, interior, fitur sampai kenyamanannya yang bakal memanjakan para penggunanya. 
Selepas dari KM 57, para peserta media test drive mulai berjalan sendiri-sendiri. Rute Jatiluhur memang jalur alternatif yang sudah cukup lama ada untuk menuju kawasan Maribaya atau Lembang, jlaur berliku dengan dimensi ruas yang minim serta jalan yang sedikit rusak pun menjadi santapan utama, tapi lagi-lagi disini kami bisa 85% merasakan sensasi berkendara CR-V facelift.
Mendapat kesempatan mengendarainya, kesan fleksibel sudah terasa sejak awal menghidupkan mesin yang hanya perlu menekan tombol star/stop engine, Tilt and Telescopic Steering Wheel sampai dengan pengaturan jok yang dapat dilakukan secara electrik berkat adanya fitur 8 Way Power Driver Seat Adjustment yang dilengkapi Power Lumbar Support. Posisi berkendara yang pas, jok nyaman ala bucket-seat sampai nuansa ruang interior yang didominasi warna gelap menjadi modal untuk melahap rute perjalanan menuju Tangkuban Perahu.
Ups, hampir lupa kesan lebih percaya diri juga timbul dengan adanya sentuhan baru di eksterior yang mengarah pada tampilan modern dan stylish. Mulai dari ubahan grille depan yang menyatu dengan lampu serta bumper belakang, new HID Projector Headlight lengkap dengan LED Daytime Running Light guna memberikan pencahayaan lebih maksimal di malam hari serta desain fog lamp baru bersama stop lamp dan new license garnish sampai velg 18” pada varian 2.4L Prestige yang kami uji ini.
Begitu juga di dalam kabin, kenyamanan serta sisi luxury pada new CR-V lebih menonjol. Berisikan tiga rekan media lainnya, satu orang yang duduk di baris ke-2 pun sangat merasakan kenyamanan yang ekstra. Mulai dari ruang yang lapang yang didesain dengan lantai datar hingga membuat ruang kaki lebih nyaman, entertainment yang makin sempurna berkat adanya New Tweeter Speaker sampai ketika menikmati keindahan alam dan udara segar melalui New Power Sunroof.
Udara tak sedap dari knalpot truk industri yang masuk diruang kabin bisa segera dinetralisasi melalui fitur cangih nanoe technology. Fungsi dari fitur ini sudah kami bahwa sebelumnya, untuk lebih detail Anda bisa membaca disini. Jelasnya, dengan hadirnya nanoe technology membuat ruang kabin new CR-V lebih segar dan terjaga kualitas udaranya, cocok bagi para kaum urban yang identik dengan lifestyle sehat, apalagi untuk para wanita fitur ini juga diklaim memiliki kelebihan untuk menjaga kulit lebih lembab serta membuat mahkota alias rambut kaum hawa lebih sehat.
Saat melibas jalur berkelok, CR-V dengan mudah menaklukannya. Handling yang smooth serta dukungan tenaga yang dihasilkan melalui mesin serupa dari versi sebelumnya, 2.4L iVTEC DOHC yang tersalurkan ke transmisi 5 percepatan otomatis masih terbukti ampuh mendongkrak tenaga yang responsif namun hal ini tentu tak lepas dari sokongan teknologi Drive By Wire (DBW), sistem elektronik yang diadopsi dari mobil balap Formula 1 untuk mengatur buka tutup Throttle Valve dan menghasilkan akselerasi yang presisi juga tetap hemat bahan bakar.
Dihadapkan dengan kemacetan saat menanjak fitur Hill Start Assist sangat membantu pengendara dari gerakan mundur sesaat ketika akan melaju kembali. Kembali membuktikan performa dari CR-V yang diklaim memiliki tenaga terbesar di kelasnya yaitu, 190 PS dan torsi 22,6 kgm rute berkelok dan menanjak saat masuk kekawasan Tangkuban Perahu kemabali menjadi hidangan utama. Tapi sebelumnya, CR-V kami belokan ke perkebunan teh, tak hanya untuk menikmati suasana tapi juga sekaligus menguji kenyamanan suspensinya ketika melewati jalur tanah yang sedikit 'bumpy'. Alhasil, meski sedikit keras, tapi suspensinya masih dapat meredam guncangan dengan baik hingga tak terlalu menghilangkan aspek kenyamanan di kabin.
Kali ini kami mengandalkan posisi S dengan memainkan paddle shift yang ada dibelakang kemudi untuk menanjak menuju Tangkuban Perahu. Respon yang cepat memang sangat dibutuhkan, karena selain tanjakan yang curan serta jalur berkelok, hal ini kami butuhkan ketika ingin melewati kendaran lain didepan. Hasilnya cukup megesankan, CR-V mampu berlari lebih agresif hingga mengantar kami sampai di atas.
Sayangnya kami tak sempat meguji sisi bahan bakarnya, tapi jangan khawatir mengenai hal ini, Honda memiliki fitur ECON Mode yang merupakan teknologi pintar untuk mengubah sistem pengendaraan yang memaksimalkan efisiensi bahan bakar hingga 20% tapi hal ini tetap menekankan gaya berkendara serta kondisi jalan yang ditempuh. ECON berkerja dengan melakukan penyesuai antara Drive By Wire, perpindahan transmisi juga pengoperasion Air Conditioner dengan memaksimalkannya untuk bekerja secara efisien. Selain itu juga masih ada ECO Assist yang memberikan petunjuk kepada pengemudi untuk menghemat bahan bakar saat berkendara melalui real time indikator warna yang ada dispidometer.
Overall, new Honda CR-V facelift memang menawarkan sebuah Premium Urban SUV yang berbeda. Layaknya one stop store, ia memiliki paket yang cukup lengkap, baik dari style, comfort, technology, fitur sampai dengan sisi performancenya. Belum lagi ditambah dengan fitur cerdas yang menunjang gaya hidup sehat, nanoe yang hanya dimiliki oleh Honda CR-V di kawasan Asia Pasifik ini.

0 komentar:

Posting Komentar