Selasa, 27 Januari 2015

Merasakan Sensasi Jeep Wrangler 3.0L

BosMobilTak hanya sekadar meluncurkan Jeep Wrangler 3.0L saja tapi PT Garansindo Inter Global juga turut mengajak media untuk merasakan pengalaman berkendara dari si legenda yang saat ini menopang mesin baru dengan kapasitas lebih kecil dari sebelumnya, 3.000 cc V6 Pentastar.

Mengambil lokasi di Jeep Station Indonesia (JSI), Megamendung-Bogor, 2 unit Jeep Wrangler yaitu, Rubicon 2 Pintu 3.0L serta Diesel Sport Platinum 4 pintu bermesin diesel 2.8L telah disediakan. Pengujiannya sendiri fokus pada si Jeep Wrangler Rubicon yang mengusung olahan tenaga baru melalui mesin 3.0L V6 Pentastar.

Jujur saja driving experience singkat yang hanya beberapa menit ini memang masih jauh dari kata puas, tapi berkat materi pengujian yang beragam serta lokasi yang memang dirancang sebagai sarana Disaster Training Centre dan Offroad Park dengan luas sekitar 10 hektar serta memiliki handicap trek yang beragam sedikit bisa mengobati rasa penasaran dari ketangguhan Jeep Wrangler baru ini. Apalagi bukan hanya soal performa dari kendaraan saja namun juga skill serta pemahamaan dalam berkendara di medan berat cukup dituntut.


Materi pengujianya mencakup beberapa faktor, mulai dari Water Fording untuk menguji kemampuanya dalam melintasi genangan air yang tinggi, Articulation untuk menguji suspensi dalam artikulasi atau jarak gerak yang fleksibel sehingga mampu untuk mempertahankan traksi pada setiap roda, Ground Clearance, Traction alias pengujian pada traksi ditiap roda sehingga dapat terus melaju dengan sempurna dalam kondisi yang ekstrim, sampai Manueverability yaitu pengujian terhadap handling dalam melakukan maneuver pada kondisi medan off-road ekstrim.

Sebelum melaju, tuas persneling dan pengerak roda sudah diset pada posisi 4L. Berangkat melintasi jalur buatan yang dirancang layaknya jalur pegunungan dengan medan yang memaksa mobil untuk berjalan sedikit miring dengan satu roda diatas sebuah gundukan. Hal ini untuk melihat ground clearance sekaligus menguji artikulasi suspensinya dimana setiap roda harus memiliki traksi kepermukaan sehingga mampu terus bergerak melibas jalur tersebut.

Tak perlu waktu lama, Jeep Wrangler sudah bisa melewati rintangan awal tadi dan membuktikan ketangguhan dari suspesi serta performa dari tenaga barunya. Setelah itu langsung disambut dengan kubangan air setinggi kurang lebih 80 cm untuk menguji kapabilitas water fording yang dimilikinya. Suatu sensasi yang cukup seru, ketika mobil beranjak naik lalu langsung menyeburkan diri ke dalam genangan air serta melintasinya dengan mudah tanpa kendala. Wrangler sendiri memiliki kemampuan untuk menjelajah genangan air hingga 508 mm dengan spesifikasi approach angel 42.2/42.1, breakover angel 25.8/21 serta departure angel 32.1/32.1 yang menyertainya.

Tapi sebelumnya, jalur berliku disertai lumpur dan permukaan tak rata juga menjadi santapan Jeep Wrangler 3.0L ini dalam menguji kemampuan dari manuvernya. Handling yang persisi dari Electronic Stability Control (ESC) serta redaman suspensi yang didukung oleh gardan solid, pegas spiral, leading arm, stabilizer bar serta high pressure monotube cukup membuktikan kemampuanya dalam melewati segala medan tadi yang membuat pengendalian tidak liar ketika melahap permukaan tak rata.

Bahkan ketika keluar dari kubangan air dengan jalur menanjak yang ekstrim pun seakan tak menjadi beban, tenaganya tersuplai cukup baik ke empat roda yang membuatnya selalu memiliki traksi untuk terus berjalan. Untuk mesin 3.6L V6 Pentastarnya sendiri mampu mengeluarkan tenaga hingga 230 Hp pada 6,000 rpm dan torsi maksimal hingga 285 Nm pada 4,400 rpm.

Meski dikliam lebih irit 12-15% dari versi 3.6L-nya dalam hal komsumsi, tapi sayangya kami belum bisa mengujinya sendiri disana. Kesimpulannya, Jeep Wrangler 3.0L ini memang memberikan sensasi berbada, bagi anda yang memiliki jiwa adventure dan suka berpetualang diakhir pekan untuk melepas penat cukup pantas memilikinya, sedangkan untuk menunjang aktivitas perkerjaan sehari-hari tak perlu lagi diragukan. Performa yang handal, kamampuan menjelajah kemanapun serta harga yang lebih kompetitif menjadi hidangan baru dari Jeep untuk anda.

Sumber : Majalah Otomotif BosMobil

0 komentar:

Posting Komentar